WELCOME TO HTTP://IQBALANEUKTANJUNG.BLOGSPOT.COM/, TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG.

gambar

gambar
aceh
VISIT ACEH YEARS 2013 JOINT US NOW

Monday 26 November 2012

10 Wasiat Imam Syafi'i



Sebelum Imam Syafi'i wafat, beliau sempat berpesan kepada muridnya serta umat islam umumnya. berikut adalah kandungan wasiat tersebut: ”Barangsiapa yg ingin meninggalkan dunia dalam keadaan selamat maka hendaklah ia mengamalkan 10 perkara" :

1. Hak kepada diri: mengurangi tidur, mengurangi makan, mengurangi percakapan dan menerima dengan rizki yg ada.

2. Hak kepada Malaikat Maut: meng-qadhakan kewajiban-kewajiban yang tertinggal, mendapatkan kemaafan dari orang yang didzalimi, membuat persediaan untuk mati dan merasa cinta kepada ALLAH. SWT

3. Hak kepada Qubur: membuang tabi'at / sikap suka menebar fitnah, tabi'at kencing sembarangan, memperbanyakkan shalat tahajjud dan membantu orang yang didzalimi.

4. Hak kepada Munkar dan Nakir : tidak berdusta, berkata benar, meninggalkan maksiat dan nasihat menasihati.

5. Hak kepada Mizan (neraca timbangan amalan pada hari kiamat): menahan marah, banyak berdzikir, mengikhlaskan amalan dan sanggup menahan kesulitan/kesusahan.

6. Hak kepada Shirath (titian yg merintangi neraka pada hari kiamat): membuang tabiat suka mengumpat, wara', suka membantu orang beriman dan suka berjamaah.

7. Hak kepada Malik Zabaniyah (malaikat penjaga neraka): menangis lantaran takut akan ALLAH SWT, berbuat baik kepada ibu bapak (kedua orang tua), bersedekah dengan terang-terangan serta sembunyi dan memperbaiki (memperindah) akhlak/tabi'at.

8. Hak kepada Ridhwan (malaikat penjaga syurga): merasa ridha kepada qadha’ ALLAH, bersabar menerima bala', bersyukur atas nikmat ALLAH dan bertaubat dari melakukan maksiat.

9. Hak kepada Nabi Muhammad SAW : bershalawat ke atasnya, berpegang dengan syari'at, bergantung kepada as-sunnah (hadits), menyayangi para sahabat dan bersaing (berlomba-lomba) dalam mencari kelebihan (Ridha) dari ALLAH.

10. Hak kepada ALLAH SWT: mengajak manusia ke arah kebaikan, mencegah dari kemungkaran, menyukai ketaatan dan membenci kemaksiatan.

Berapakah washiatnya yang telah kita laksanakan ..?

Di kutip dari berbagai sumber:

Tgk Nawawi Hakimis adalah Pimpinan Dayah Nihayatul Muhtaj, Manggeng. Aceh Barat Daya


1 komentar:

  1. Tgk Nawawi Hakimis adalah Pimpinan Dayah Nihayatul Muhtaj, Manggeng. Aceh Barat Daya
    harap diedit menjadi
    Tgk Nawawi Hakimis adalah Pimpinan Dayah Nihayatul Muhtaj, Tangan-tangan. Aceh Barat Daya

    ReplyDelete